Pages

Thursday, February 19, 2015

OBJEK WISATA GORONTALO



PROVINSI GORONTALO
Pengembangan sektor pariwisata di Provinsi Gorontalo selain menawarkan obyek keindahan alam dan fasilitas akomodasii yang terus berkembang dari waktu ke waktu, juga yang tidak kalah pentingnya adalah obyek wisata cultural. Termasuk di bentuk bangunan fisik dengan arsitektur yang masih tetap dipertahankan hingga kini. Peninggalan ini dapat menjadi warisan bagi generasi muda bangsa untuk mengenal sejarah bangsanya. Yang tidak kalah pentingnya adalah mampu memetik hikmah dari perjuangan para pendahulunya. Saat ini, banyak generasi muda yang sudah tidak mengenai sejarahnya sendiri.

MASJID BAITURRAHIM
 
Masjid Baiturrahim
Di Gorontalo ada masjid tua. Masjid Baiturrahim namanya. Didirikan pada tahun 1728, yaitu pada zaman kerajaan Botutihe. Masjid ini telah direnovasi pada tahun 1998 dan diresmikan oleh B.J. Habibie saat ini menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Masjid ini merupakan sarana ibadah bagi umat muslim Kota Gorontalo. Bangunan masjid dilengkapi dengan sarana perpustakaan dan juga digunakan untuk kegiatan pengajiaan Al-Quran, diskusi agama dan kegiatan sosial. Letaknya di pusat Kota Gorontalo. Masjid ini merupakan symbol kuatnya pengaruh agama Islam terhadap masyarakat Gorontalo.

MASJID HUNTO
Masjid Hunto

Selain Masjid Baiturrahim, Gorontalo juga memiliki rumah ibadah muslim yang lebih tua lagi. Bahkan, termasuk salah satu masjid tertua di Gorontalo. Umurnya sekitar 300 tahun. Letaknya di pusat kota, tepatnya di Kelurahan Siendeng. Di sini terdapat sebuah sumur dan beduk yang usianya sama dengan umur masjid ini.


MENARA KEAGUNGAN
Menara Keagungan
 Kalau mau melihat duplikat menara Eifel di Perancis, datanglah ke Gorontalo. Berlokasi di Jalan Raya Pusat Limboto, bangunan ini menjulang dengan ketinggian 65 m. Obyek wisata ini merupakan menara kebanggaan masyarakat Kabupaten Gorontalo. Fasilitasnya modern dan representatif. Ada lift, restoran, dan auditorium. Live music semakin melengkapi daya tariknya. Dari puncak menara kita dapat memandang ke empat penjuru mata angina. Untuk mencapai puncak menara, tersedia dua buah lift. Lift pertama dari lantai satu sampai lantai tiga. Lift kedua dapat mengantar pengunjung dari lantai tiga sampai lantai enam.

PENTADIO RESORT
Pedadio Resort
 Lokasi Pentadio Resort terletak di Kecamatan Telaga Biru, Desa Pentadio, lebih kurang 6 Km dari ibukota Kabupaten Gorontalo. Atau lebih kurang 16 Km dari pusat Kota Gorontalo. Lokasi pemandian bisa dicapai dengan kendaraan roda empat. Fasilitas yang ada antara lain: spa, sauna, mandi celup, cottage, kolam renang, sepeda air, areal memancing, restoran, kafe, pondok lesehan, souvenir, dan mushola. Mereka yang selesai bermain, olahraga golf misalnya sering mampir di tempat ini.




BENTENG OTANAHA
Benteng Otanaha
 Benteng ini merupakan tempat perlindungan dan pertahanan raja-raja di Gorontalo ketika melawan penjajah Belanda. Benteng ini unik. Mungkin orang tak pecaya, kalau bangunannya terbuat dari campuran pasir, kapur, dan putih telur Burung Maleo. Karena letaknya yang berada di puncak bukit, dari benteng ini dapat dilihat pemandangan DAnau Limboto. Benteng yang diberi nama Otanaha ini terletak di Kelurahan Dembe I Kecamatan Kota Barat. Jaraknya 8 km dari pusat Kota Gorontalo. Selain Benteng Otanaha juga terdapat dua benteng lainnya di lokasi yang sama yaitu Benteng Otahiya dan Benteng Ulupahu. Sama dengan Benteng Otanaha, Kedua benteng inipun berada du puncak bukit. Untuk mencapai ketiga benteng tersebut pengunjung harus bekerja keras. Meniti sebuah tangga dengan 345 anak tangga. Ada juga jalan alternative untuk mencapai puncak bukit ini.

LOMBONGO
Air Terjun Lombongo
 Objek Wisata ini berada di Desa Lombongo Kecamatan Suwawa. Lokasinya termasuk di dalam kawasan Hutan Lindung TAman Nasional Botani Nani Wartabone. Taman Nasional ini memiliki air terjun yang juga diberi nama air Terjun Lombongo. Letaknya sekitar 3 km dari pintu masuk objek wisata Lombongo. Di objek wisata ini pengujung memang dimanja. Mereka dapat melakukan jogging, mandi di sungai, bersantai dan istirahat sambil menikmati pemandangan alam. Salah satu bagian dari fasilitas yang sementara dikembangkan, yakni gedung serbaguna, gedung hiburan (bar), restoran, warung makan, cottage, kios, panggung kesenian, kamar ganti, dan tempat parker kendaraan.
Pemandian Air Panas Lombongo


Taman Laut Olele
Pantai Olele
 Sekitar 20 km dari pusat Kota Gorontalo, di desa Oluhuta kecamatan Bonepantai, terdapat Goa Jin. Di goa ini tersimpan beragam ikan hias, biota lainnya, dan terumbu karang. Pengunjung dapat berkemah dan menyelam di objek wisata yang bernama TAman Laut Olele ini. Gorontalo menempatkan taman ini sebagai salah satu paket perjalanan tujuan wisata Indonesia Timur. Tempat ini pertama ditemukan Ir.Hj. Fadel Muhammad, Gubernur Gorontalo.
Taman Laut Olele
 Keberhasilan dalam bidang KEpariwisataan dicerminkan dengan semakin meningkatnya arus kunjungan wisatawan manca Negara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnu). Pada tahun 2004 jumlah kunjungan wisatawan, baik wisman maupun wisnu tercatat 43.610 orang yang terdiri atas 551 orang wisman dan 43.059 orang wisnu.
Provinsi Gorontalo mempunyai potensi pariwisata di seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Gorontalo yakni: Kota Gorontalo berupa Patung Pejuang Kemerdekaan RI asal Gorontalo Hj. Nani Wartabone, Tapak Kaki dan Kolam Renang Lahilote, Rumah adat Bandayo Poboide, Pantai Indah, Tangga Dua Ribu, Benteng Otanaha, Mesjid Hunto (Sultai Amai). Kabupaten Gorontalo berupa Menara Limboto, Lapangan Golf Yosonegoro, Pentadio Resort, Cagar Budaya Benteng Orange, Cagar Alam Hutan dan Air Terjun Nantu dan Tanggale, Istana Jin, Goa Ular, Museum dan Pendaratan Pesawat Ampibi Catalina, Taman Safari Bongohulawa.
Kabupaten Boalemo berupa Pantai Boalemo Indah, Pantai Managgu, Pantai Mohupombi, Pulau Asiangi, Air Terjun Ayuhulalo dan Taman Polohungo.
Kabupaten Bone Bolango berupa fasilitas Pemandian dan air Terjun Lombongo dan Taludaa, Objek Wisata Danau Perintis dan Uabanga, Taman Laut Olele, Makan Pahlawan Nasional Hj. Nani Wartabone, Makan Raja Atingola (Waruga) dan Hubulo.
Kabupaten Pohuwato berupa Mesjid Keramat, Pantai Nyiur Indah Popayato. Cagar Alam Panua, Pantai Bumbulan Indah, Objek Wisata Pulau Bitila dan Lahe, Serta Perkampungan Suku Bajo.

Sumber : Dinas Pariwisata Provisinsi Gorontalo